Menjadi Team Leader Beranggotakan 3 orang: Batu Loncatan 2019

Hola Madski Traveling! It has been months since my last article in this blog.
Terakhir saya cerita tentang perjalanan saya ke Bandung. Di situ saya review travel yang saya tumpangi pulang-pergi. Kalo kalian juga baca artikel sebelum-sebelumnya, di bulan Februari saya cerita bahwa saya masuk ke dunia kerja di bidang teknologi informasi dengan jabatan Software Engineer. Alhamdulillah pekerjaan saya berjalan dengan berbagai hambatan dan juga solusi. Selama bekerja ini justru saya merasa banyak belajar hal baru terutama mengenai pengembangan web services. Dan alhamdulillah karena saya bisa mendapat kesempatan untuk promosi jabatan ke System Analyst dan dipercaya naik level menjadi Team Leader.

Sedikit cerita ya, sebelum ada hari promosi ini saya bekerja dalam 1 tim beranggotakan 3 orang. Masing-masing punya tugas seputar desain, development, dan test web service. Kami bertiga semuanya anggota yang dibawahi langsung oleh Direktur Teknologi. So, pekerjaan kami sehari-hari adalah menjawab Design requirements and objectives yang disampaikan oleh atasan kepada kami. Kami berprogress setiap hari, tapi kami sadar bahwa kami kekurangan satu hal, yaitu target yang terkendali. Pekerjaan harian kami tidak bisa selalu dipantau oleh atasan. Beliau juga punya fokus lain dan proyek lain yang sudah live untuk lebih diperhatikan. Kami bekerja saja seperti biasanya dengan laporan progress setiap berapa haril sekali, hingga pada suatu hari saya dipertemukan dengan Pak Direktur. Di sana kami berdiskusi seputar proyek dan targetnya. Pada akhirnya kami sepakat bahwa proyek harus punya target capaian yang terkendali. Dan fungsi pengendalian itu bisa dilakukan apabila ada seorang pemimpin.

Atas dasar itulah saya menerima kepercayaan untuk memimpin tim ini. Saya sadar bahwa kemampuan saya belum ada apa-apanya dibanding beliau. Pun dengan anggota tim yang lain, kemampuan teknis saya bukanlah yang terbaik. Tapi saya yakin kami bisa mencapai target apabila tim bisa bekerja sama, bersatu padu menghasilkan kinerja yang optimal jika disokong dengan kepemimpinan yang menjalankan fungsinya dengan tepat.

Akhir kata, saya mengucapkan syukur atas pencapaian ini sambil berdoa terus agar apa yang menjadi tanggung jawab ini bisa dijawab dengan hasil yang terbaik. Tak lupa saya doakan semoga tim ini bisa terus bekerja dengan optimal hingga bisa mencapai target-target yang ingin diraih. Jika anda pada posisi menanggung amanah juga, mari kita sama-sama berdoa agar dilimpahkan oleh Allah SWT kemampuan untuk menyelesaikannya.

Bismillah, mohon dukungannya.

Comments