MUDAH DAN CEPAT PERPANJANG SIM DI SIM KELILING ITC BSD

Halo sobat Madski Traveling! Pernah gak kamu udah lama gak ngecek SIM, saat ngecek ternyata masa berlakunya tinggal sebulan atau bahkan kurang? Saya juga pernah mengalami kayak begini. Padahal SIM penting banget bagi anda yang setiap harinya mobilisasi menggunakan kendaraan pribadi dan nyetir sendiri. Berhubung saya tidak punya waktu luang yang banyak (sok sibuk banget ya), mulailah saya berselancar di Internet dan menulis "cara perpanjang sim cepat dan mudah".

Perpanjang SIM ternyata bisa melalui SIM Keliling

Tepat di tahun 2017 bulan Maret saya baru tahu kalau ada yang namanya "SIM KELILING". Istilah SIM Keliling ini ditujukan kepada lokasi perpanjangan SIM yang lokasinya tidak di kantor polisi, tetapi di lokasi-lokasi tertentu. 

Misalnya di BSD, Tangsel, SIM keliling berlokasi di ITC BSD. Di lokasi tersebut, petugas kepolisian menggunakan mobil minibus yang cukup sebagai tempat foto, dan cetak SIM. Selain itu, lokasi tersebut dilengkapi dengan meja dan kursi yang bisa digunakan pengunjung untuk mengantri, mendaftar, mengecek kesehatan, dan mengisi form. 

Tahapan Perpanjang SIM melalui SIM Keliling di ITC BSD

Tahapannya cukup mudah, yang penting anda melakukannya dengan benar. Langkah-langkahnya adalah:
1. Siapkan dokumen: KTP asli & fotokopi 3 lembar, SIM asli & fotokopi 1 lembar.
2. Sehat jasmani rohani, siap untuk dicek tensi dan buta warna.
3. Bawa pulpen (untuk jaga-jaga kalau pulpen tidak tersedia di lokasi).
4. Datang, langsung menuju ke meja yang tertera "FORM PERPANJANGAN SIM".
5. Berikan dokumen yang telah disiapkan. Di sini petugas akan mengecek masing-masing dokumen.
6. Cek kesehatan. Mulai dari tensi, buta warna, dilanjutkan dengan cek berat badan dan tinggi badan.
7. Isi form sesuai data diri. Ceklis jenis SIM yang ingin anda perpanjang. Isi Polda: Metro Jaya, Lokasi: ITC BSD. Sisanya lengkapi sesuai data diri.
8. Kumpulkan form ke petugas kepolisian yang berada di dalam mobil. Biasanya petugas ada di balik jendela yang terbuka lebar (layaknya jendela food truck).
9. Tunggu sebentar hingga nama anda dipanggil. Jika dipanggil, artinya anda diminta masuk ke dalam mobil untuk foto SIM, scan sidik jari, dan tanda tangan digital. Supaya foto dan tanda tangannya bagus, latihan dulu ya di rumah hehehe.
10. Selesai foto, jangan lupa bayar tagihannya. Terakhir saya perpanjang SIM C, kena biaya Rp135.000. Tapi saya gak dapat bukti pembayaran. Mungkin bisa diminta (?).
11. Tunggu sebentar lagi hingga nama anda dipanggil. Jika dipanggil, artinya SIM anda sudah selesai dicetak. Isi buku tamu ya sebelum pergi.
12. Kalau anda mau SIM nya dipasang anti gores, silahkan menuju ke meja anti gores. Biayanya Rp10.000.

Dari langkah-langkah tadi, bisa dihitung total biaya untuk perpanjang SIM C adalah Rp135.000 - 145.000. Sementara itu, durasi mulai dari datang hingga selesai kurang lebih 20 menit. Ditambah biaya parkir kurang lebih Rp4.000 (naik mobil), total biaya jadi Rp139.000 - Rp149.000. Untuk informasi saja, anda yang SIM nya dibuat di luar daerah tersebut tetap bisa perpanjang SIM. Bawa dokumennya sesuai kelengkapan yang diminta.

Mudah kan perpanjang SIM melalui SIM Keliling? Semoga panduan ini bisa membantu anda ya untuk perpanjang SIM, di manapun anda berada. Jangan segan untuk mampir ke blog ini lagi ya!

Comments