Serunya Kursus online Robotics: Aerial Robotics di Coursera

Hello sobat Madski Traveling! Belajar di universitas terkemuka internasional bisa membuka wawasan kita mengenai cara berpikir orang-orang dari berbagai negara. Tentu ini bukan hal yang sepele, karena banyak orang yang memutuskan untuk berkuliah di luar negeri. Saya yang juga penasaran belum kesampaian untuk melakukan itu. Kemudian saya memutuskan untuk mencari-cari informasi seputar beasiswa dan program perkuliahan alternatif. Seiring dengan browsing di internet dan melihat profil orang-orang Indonesia yang sukses berkarir secara global, saya melihat bahwa mereka menjalani kursus online sebagai pelengkap skill mereka.

Dengan kemajuan teknologi digital dan internet saat ini, banyak hal, yang dahulu hanya bisa diakses dengan datang secara fisik, sekarang bisa kita akses dengan mudah melalui internet. Salah satunya adalah kursus online. Berhubung saya baru saja menyelesaikan 1 kursus online, saya mau sharing perjalanan saya mengikuti Kursus Online Robotics: Aerial Robotics di Coursera. (klik Coursera untuk menuju ke websitenya). Btw, Coursera juga punya mobile apps, berguna banget untuk kamu-kamu yang aktif menggunakan smartphones. Namun, pengerjaan tugas programming hanya bisa dilakukan di PC.



Kursus online Robotics: Aerial Robotics di Coursera yang disediakan oleh University of Pennsylvania


Kursus online yang tersedia di Coursera disajikan oleh dosen-dosen dari universitas terkemuka. Untuk kursus yang saya ikuti ini disajikan oleh University of Pennsylvania, Amerika Serikat. Dosen yang mengampu adalah Profesor Vijay Kumar (klik nama beliau untuk menuju ke website laboratoriumnya). Nama beliau tidak asing lagi karena penelitian yang dihasilkan di bawah arahannya membawa banyak insight baru untuk robotika udara.

Dalam kursus ini diprediksi peserta butuh waktu belajar 4 minggu dan 4 jam/minggu. Artinya total waktu kursus adalah 16 jam/minggu. Kenyataannya saya menjalani waktu lebih dari itu hehehe. Untuk menyelesaikan tugas programming terakhir saja saya butuh waktu lebih dari 24 jam. Eh jadi curhat kan, kita lanjut ya. Penilaian peserta antara lain melalui quiz dan tugas programming.

Ini nih judul besar silabus kursusnya. Informasi lebih detail bisa klik Coursera di paragraf kedua ya. 

1. Introduction to Aerial Robotics (Pengenalan robotika udara)

Minggu pertama cukup mudah, lebih banyak mendengarkan latar belakang perkembangan robotika udara, apa itu robotika udara, pengenalan quadrotor dan komponen pendukungnya, serta alur kursus yang akan dihadapi oleh peserta di 3 minggu berikutnya.

2. Geometry and Mechanics (Geometri dan Mekanika)

Di minggu kedua ini Prof Vijay Kumar menjelaskan dasar-dasar geometri quadrotor dan mekanika benda rigid/kaku. Seperti materi mekanika pada umumnya, di sini Prof menjelaskan tentang kinematika dan dinamika.

3. Planning and Control (Perencanaan dan Kendali)

Di minggu ketiga Prof Vijay Kumar menjelaskan materi yang robotika banget nih, antara lain motion planning dan controller. Beliau menjelaskan kedua materi dengan memanfaatkan hasil penelitian yang telah dihasilkan di laboratorium beliau, biasanya disampaikan lewat video. 

Di sini beliau menjelaskan pentingnya mensuplai robot dengan trayektori yang smooth sambil tetap mencapai requirements. Yang menarik di sini adalah kita 1) belajar bagaimana membangun algoritma kendali menggunakan proportional-differential controller, 2) belajar membangun trajectory planner menggunakan teori Minimum Snap Trajectories (dengan syarat sistem kendali posisi merupakan sistem orde 4). Trayektori yang dihasilkan smooth dan tetap bisa diikuti oleh robot yang notabene memiliki batasan fisik.

4. Advanced Topics (Topik lanjutan)

Di minggu keempat Prof Vijay Kumar menjelaskan mengenai sensing and estimation yang berguna untuk mendukung proses motion planning dan control, kendali nonlinear, dan juga kendali banyak robot dalam waktu bersamaan.

Gimana-gimana makin tertarik nggak untuk ikutan kursusnya? Saya mau kasih lihat lagi nih penilaiannya terdiri dari apa aja lewat gambar di bawah.

Jenis-jenis penilaian yang harus kamu lewati agar bisa lulus

Tugas programmingnya dikerjain di mana Mad? Kalo gak punya program macem MATLAB gimana?

Perlu diingat bahwa jika kamu mengikuti kursus online ini kamu diberikan akses ke MATLAB online. So, untuk kamu yang gak punya MATLAB di PC lokal tetap bisa kerja kok. Nih penampakan MATLAB online nya.

MATLAB online yang bisa dipakai untuk tugas programming
Saya pengen kasih lihat juga hasil simulasi penerbangan quadcopter saya di tugas programming terakhir.

3D Line Trajectory


3D Helix Trajectory


3D Waypoints Trajectory


Asik ya bisa simulasi kayak begitu.

Terus kalau sudah lulus kursusnya, dapat apa Mad?

Kalau kamu ikut program yang berbayar (baik lewat biaya sendiri maupun lewat Financial Aid), kamu bakal dikasih sertifikat dan verifikasi atas kelulusan kamu. Contohnya kayak begini nih.

verifikasi dan sertifikasi kelulusan kursus
Coursera akan menyediakan link menuju ke halaman sertifikasi. Di sana dinyatakan "siapa" telah lulus program dengan nilai "...%". Kalau kamu klik "view certificate" di sana akan terpampang jelas nama kamu, nama kursus, nama presenter/dosen, dan nama universitas penyelenggara. Artinya, kursus kamu akan bernilai dan gak sia-sia karena ada buktinya. Tentunya tanda tangan di sertifikat nanti bukan "Signature" ya, tapi tanda tangan dosen pengampunya.
%-------------------------------------------------------------------------------%
Segitu dulu aja ceritanya, kalo ada pertanyaan dan lain-lain silahkan disampaikan di kolom komentar ya. Thank you udah berkunjung. Yuk mari ikut kursus online!


Comments