Inspirasi Ramadhan : Ilham Habibie


13 Ramadhan 1437 H,
Hari ini saya merasa sangat beruntung.
Saya ingat sekali jam 15.00 tadi masih mengeluh malas keluar kamar saat dibangunkan oleh Arif. Akhirnya saya paksakan untuk bangun dan bersiap-siap berangkat ke Masjid Salman. Hari ini kajian sore "Inspirasi Ramadhan" diisi oleh Bapak Ilham Habibie dengan tema "Hubungan Kemajuan Peradaban dan Jati Diri Seorang Muslim".

Sesampainya di Salman, kami melaksanakan solat Ashar berjamaah. Setelah itu kami menunggu sekitar 30 menit untuk persiapan dan sebagainya. Setelah berharap-harap cemas jikalau sang narasumber tidak datang, akhirnya pukul 16.10 Bapak Ilham Habibie diundang oleh Moderator ke kursi hangat. Bahasan yang dibawa oleh Bapak Ilham ini panjang, dimulai dari latar belakang kondisi kemajuan peradaban di Indonesia. Ngomong-ngomong, Bapak Ilham selalu mulai dari latar belakang berdasarkan data/pengalaman pribadi dalam membicarakan suatu topik.

Inti pembicaraan yang saya tangkap adalah :
Ada ide/permasalahan (kesempatan untuk berkarya) -> Melakukan inovasi -> Bagaimana implementasinya, apakah bermanfaat bagi umat? -> Muncul sifat entrepreneur
Saya belum bisa banyak berkomentar tentang ini. Setidaknya saya akan mencari referensi lain untuk dijadikan perbandingan.

Setelah acara selesai, saya bersama jamaah yang lain bersiap-siap untuk Solat Maghrib dengan mengisi saf terdepan. Tak disangka-sangka, Bapak Ilham solat didepan saya dan Arif. Beliau berinisiatif untuk menjabat tangan orang-orang disekitarnya, termasuk saya dan Arif. Bahkan beliau mengajak Arif ngobrol tentang Aerodinamika dan perkuliahan.
Terima kasih atas inspirasinya, Bapak Ilham. Terima kasih juga untuk Arif yang sudah "memaksa" saya untuk ikut ke Masjid Salman. Alhamdulillah!

Comments