Ku injakkan kaki di Kota Madinah part 2

Halo sobat Madski Traveling! Sesuai janjiku di part 1, aku akan melanjutkan cerita kunjunganku ke Kota Madinah Al-Munawwarah. Kali ini aku akan bercerita mengenai city tour ke beberapa lokasi penting dan bersejarah.

2. Jabal Uhud

Jabal Uhud, atau Gunung Uhud, merupakan lokasi yang terkenal karena sejarahnya sebagai lokasi perang antara Kaum Muslimin dengan Kaum Quraisy. Uniknya di sini terdapat sebuah bukit yang disebut Jabal Uhud. Bukit tersebut menjadi lokasi para pemanah Kaum Muslimin. Kelebihan dari posisi pemanah yang tinggi ini adalah mereka bisa memantau gerak-gerik musuh. 

Kisah Perang Uhud termasuk kisah yang memilukan. Kaum Muslimin awalnya berhasil memukul mundur Kaum Quraisy. Pada saat itu, harta-harta Kaum Quraisy ditinggalkan, sehingga membuat pejuang Kaum Muslimin mendekatinya. Para pemanah pun tidak mau ketinggalan, hingga tersisa hanya 6 dari sekitar 40 orang di atas bukit (berdasarkan kisah yang diceritakan pemandu City Tour kami). 

Padahal sebelum berperang Rasulullah SAW telah memperingatkan para pemanah untuk tetap di atas bukit, apapun yang terjadi di bawah. Tanpa mereka sadari, ternyata Kaum Quraisy datang dari belakang dan menyerang Kaum Muslimin. Hingga akhirnya Kaum Muslimin kalah, yang mati menjadi Syuhada Uhud, yang masih hidup berlarian kembali ke Kota Madinah. Salah satu di antara Syuhada Uhud adalah Hamzah bin Abdul Muthollib, sang singa Allah yang merupakan paman dari Rasulullah SAW. 

****
Jika kamu berkunjung ke Jabal Uhud, turun dari bis kamu akan mendapati lapak-lapak pedagang sepanjang perjalanan menuju lokasi pemakaman para Syuhada Uhud. Pemakaman tersebut dipagari tembok yang cukup tinggi dan ditutup dengan kaca yang tembus pandang sehingga terlihat bagian dalamnya. Bersama pemandu City Tour kamu akan dibimbing untuk menyampaikan salam kepada para Syuhada. Selain pemakaman Syuhada Uhud, terdapat masjid Uhud beberapa yang terletak meter dari pemakaman tersebut. Berikut foto-foto yang aku ambil saat mengunjungi Jabal Uhud.
Pendakian bukit tidak sulit. Cukup memanjat bebatuan seperti di gambar. Waktu yang dibutuhkan juga tidak lama. Hanya saja kamu harus kuat menahan panas 😅. Setelah sampai atas, usaha anda bisa terbayar dengan pemandangan yang menarik. kamu bisa berswafoto di sini ataupun berfoto bersama rombongan kamu.

3. Masjid Quba

Masjid Quba terletak sekitar 5 km dari Masjid Nabawi (cek di google maps). Inilah masjid yang pertama kali di bangun Rasulullah di Madinah. Saat kita berkunjung, kita bisa melaksanakan solat seperti biasanya. Solat wajib maupun solat sunnah. Di luar masjid banyak pedagang yang menjajakan barang, mulai dari gantungan, tasbih, hingga berbagai jenis kurma. Kalau mereka bilang "halal", tidak ada salahnya untuk mencicipi 😋. Berikut dokumentasi aku saat mengunjungi Masjid Quba.
Masjid Quba tampak dari luar. Warna putih dan Abu-abu batu menjadi warna utama masjid ini.

Suasana di dalam Masjid Quba. Terlihat para pengunjung sedang melaksanakan kegiatannya masing-masing. 
*****
 Begitulah kisah perjalanan aku ke Jabal Uhud dan Masjid Quba. Alhamdulillah aku bersyukur diberi kesempatan untuk berziarah ke makan para Syuhada Uhud serta mengunjungi Masjid yang pertama kali dibangun oleh Rasulullah SAW di Kota Madinah. Terima kasih telah membaca ceritaku, sampai jumpa di posting berikutnya ;)

Comments