Cari Tiket Pesawat Murah Sekarang Sangat Mudah, Bagaimana Caranya?

Halo sobat Madski Traveling! Mencari tiket transportasi saat ini semakin mudah. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi mendukung travel agent untuk mendobrak pasar secara luas melalui platform berbasis digital, mulai dari laman website hingga aplikasi smartphone. Konsumen secara bebas memilah dan memilih mana tempat terbaik untuk membeli tiket transportasinya.

Dengan dukungan teknologi ini konsumen bisa pula mencari tiket dengan harga yang murah. Terlebih lagi para travel agent online seringkali menuliskan kalimat pendukung seperti "harga tiket termurah", "harga tiket terjujur", "harga promo", "beli tiket mudah", dan kalimat lain yang sejenis. Boleh kita ambil contoh beberapa travel agent online raksasa di Indonesia seperti Traveloka, tiket.com, dan pegipegi.com.

Traveloka memiliki tagline "Cheap flights & Tickets: Lowest Price with Traveloka". Selain itu, mereka memberi penekanan bahwa harga tiket yang disajikan adalah harga terbaik. Bahkan, Traveloka berani memberikan kupon diskon jika ada harga yang lebih murah dari website lain.

Tiket.com memiliki tagline "Tiket Pesawat & Hotel Murah - Tiket Kereta Api dan Promo". Tiket.com meyakinkan konsumen bahwa transaksi di tiket.com aman dan mudah, dan produknya terlengkap.

Pegipegi memiliki tagline "Mau Tiket Pesawat Murah? Booking Online di pegipegi.com". Pegipegi juga meyakinkan konsumen bahwa harga hotel dan tiket pesawat mereka termurah.

Lantas, konsumen harus memilih travel agent yang mana? Apakah kamu termasuk yang bingung? Kalau begitu simak tips di bawah ya. Di sana aku bakal maparin caraku mencari tiket pesawat.

1. Gunakan fitur notifikasi harga/promo yang tersedia

Cara ini cukup mudah. Biasanya aplikasi smartphone setiap travel agent sudah memiliki fitur notifikasi. Fitur tersebut sangat berguna untuk mengetahui informasi terbaru mengenai harga termurah, tips pembelian, dan promosi yang sedang berlangsung. Cukup klik "aktifkan notifikasi", informasi akan sendirinya terkirim ke smartphone kita. 

2. Bandingkan harga setiap travel agent

Cara kedua ini antara mudah dan susah. Mudahnya karena kita tinggal masukkan data keberangkatan seperti dari, ke, tanggal berangkat, jumlah penumpang, dan kelas. Susahnya adalah melawan rasa malas. Walaupun sudah dimudahkan dengan adanya platform digital, aku sendiri cenderung untuk malas membandingkan dan berhenti di satu situs saja. Tapi, demi harga termurah, rasa malas harus dilawan. 

Membandingkan harga cukup mudah. Buka beberapa tab di browser-mu, lalu tujukan masing-masing tab ke laman travel agent. Lalu lakukan pengisian data keberangkatan dan klik cari. Di sini aku ambil kasus keberangkatan dari Jakarta (CGK) ke Bali (DPS) pada bulan Juli 2018 untuk 1 orang dewasa dan kelas ekonomi. Aku akan membandingkan harga di beberapa travel agent besar seperti Traveloka, Tiket.com, dan Pegipegi, serta di travel agent kecil seperti Fun Travel.



Saat menentukan tanggal berangkat, klik "find lowest price estimates". Traveloka akan menampilkan harga termurah di kalender. Jika ingin melihat secara lengkap, cukup klik di tanggal yang diinginkan. Harga tiket per maskapai akan ditampilkan secara menurun. 


Tiket.com menampilkan harga tiket per maskapai per tanggal yang diinginkan. Harga tiket ditampilkan secara menurun.



Jika kamu menggunakan pegipegi.com, scroll laman ke bawah. Di sana tersedia fitur "Tiket Pesawat Termurah Setiap Hari" dan "Tiket Termurah ke Tujuan Lainnya". Pegipegi akan menampilkan daftar harga termurah setiap harinya. Jika ingin lihat detail per maskapai, klik "lihat" di tanggal yang diinginkan. 


Fun Travel menampilkan harga tiket pesawat per maskapai untuk tanggal penerbangan yang dipilih.

Dari percobaan yang aku lakukan, aku bisa langsung membandingkan harga tiketnya. Dalam kasus di atas, harga tiket termurah pada tanggal 1 Juli 2018 adalah Rp553.100 dari Fun Travel, diikuti oleh Traveloka dan Tiket.com seharga Rp563.100, dan terakhir Pegipegi seharga Rp587.000. Dari cara sederhana seperti ini saja kita bisa mendapat perbandingan harga. Langkah berikutnya tinggal kamu yang menentukan ingin beli yang mana. Dari cara sederhana ini pula kita bisa bandingkan mana travel agent yang memberikan kemudahan dalam mencari tiket termurah setiap harinya.


3. Pelajari naik turun harga di setiap tanggal/bulan 

Cara ini bisa dilakukan dengan mudah. Cukup lakukan langkah nomor 2, lihat harga termurah setiap tanggalnya, lalu pelajari setiap hari apa harganya menjadi murah. Sesuaikan pula dengan tujuan penerbangan. Menurut pengalamanku, setiap tujuan memiliki hari dengan tiket murah yang unik. Maka, ceklah tren naik-turun harga tiket sesuai tujuanmu.

Comments