Kesejukan, Ketenangan, dan Keindahan Situ Patenggang

Halo sobat Madski Traveling! Hidup di kota dengan segudang masalah, baik masalah pribadi maupun masalah umum, membawa aku ke dalam kepenatan. Kesibukan tingkat akhir kuliah selama semester pertama tahun 2017 membuat hidupku hanya berputar di kosan-kampus-kosan. Beruntungnya aku memiliki kawan-kawan seperjuangan, yang merasakan hal serupa denganku. Kata "refreshing yuk!" pun membawa kami ke satu tujuan, yaitu Situ Patenggang. Mengapa Situ Patenggang yang jadi pilihan? Tentu saja karena kami ingin refreshing, dan Situ Patenggang menawarkan kesejukan, ketenangan, dan keindahan.

Sekilas Tentang Situ Patenggang

Situ Patenggang, disebut juga Situ Patengan, merupakan kawasan wisata dengan wisata utamanya berupa danau. Situ Patenggang terletak di daerah Ciwidey, sekitar 8 km dari gerbang masuk kawasan wisata Kawah Putih. Sepanjang perjalanan ke sana tehampar kebun teh yang luas dengan daunnya yang hijau-hijau. Kawasan ini bersih dari polusi karena hanya sedikit kendaraan yang berlalu lalang. Di dalam kawasan wisata Situ Patenggang, terdapat gazebo, toilet, musholla, dan toko oleh-oleh untuk pengunjung. Lapangan tanah yang luas bisa digunakan untuk berkemah loh. Berikut ini rute dari Bandung menuju Situ Patenggang melalui jalur non-tol (ref : Google Maps).


Bisa dilihat dari peta di atas bahwa untuk mencapai Situ Patenggang kita harus melewati beberapa kecamatan seperti Katapang, Pasirjambu, dan Rancabali sebelum akhirnya mencapai Situ Patenggang. Untuk menuju ke kawasan wisata dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam 30 meni apabila menggunakan mobil. Untuk memasuki kawasan wisata, kita perlu merogoh kocek Rp20.000,-/orang kalau tidak salah) dan Rp5.000,-/per sepeda motor (kalau tidak salah juga). Kalau mobil saya tidak tahu, silahkan cek dari sumber lain.

Situ Patenggang sendiri memiliki legenda. Namun di sini aku tidak akan bercerita, melainkan hanya akan menunjukkan betapa indahnya Situ Patenggang melaui gambar-gambar. Fyi nih, duo Fourtwnty melakukan rekaman musik di sini (cek https://www.youtube.com/watch?v=7O-vLMuq9qM). Dari video tersebut terlihat suasananya tenang sekali bukan? Fyi lagi, Situ Patenggang juga pernah digunakan untuk syuting film layar lebar Heart loh! Kalau kamu generasi kelahiran 2000 ke bawah pasti tau film ini. Nah, sekarang sudah siap belum untuk menikmati keindahannya? Check the pictures below!

*Catatan : Semua foto dijepret oleh/dari kamera Arief Harfiansyah (http://arieffhh.myportofolio.com) dan Madski Traveling.


Menuju Kawasan Wisata Situ Patenggang


Hamparan kebun teh di sisi kita sepanjang perjalanan

Gerbang masuk kawasan wisata Situ Patenggang. Jangan lupa bayar tiket masuk ya di sini

Masih di depan gerbang masuk

Pemandangan pertama setelah sampai di parkiran

Pengunjung bisa menggunakan Gazebo ini untuk beristirahat

Jembatan bambu menuju lokasi utama.
Bagus nih untuk foto ala-ala

Dan inilah yang dinanti-nanti...

Kombinasi pepohonan dan danau membuat suasana sejuk dan tenang

Pemandangan dari sudut yang lain

Ada banyak gazebo tersedia, bisa kamu gunakan untuk bersantai

Ada rumah pohonnya juga loh, walaupun tidak ada atapnya.
Hati-hati kalau mau naik
Merasakan dinginnya air di sini :D

Kami pun tidak lupa untuk foto ala-ala


Jangan Lupa Mampir ke Kebun Teh Saat Pulang


Nikmati suasana di kebun teh, jangan foto-foto terus seperti kami

Sekali lagi foto sebelum pulang
Gimana teman, indah sekali bukan? Kalau kamu mau refreshing, yuk coba kunjungi Situ Patenggang. Segarkan kembali pikiran dan jiwa di sini. Ingat, kalau wisata harus jaga kebersihan ya! Hindari perilaku merusak lingkungan seperti buang sampah sembarangan dan memetik atau menginjak tanaman. 

Salam hangat dari Situ Patenggang.

Comments